iklan header

27 Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan yang Cocok Untuk Liburanmu

Hallo semuanya, selamat datang di blog saya, blog yang menyajikan konten dan informasi seputar wisata lokal banua hingga mancanegara.

buat kalian yang bingung dan sedang mencari Tempat Wisata Terbaik di Kalimantan, khususnya Wisata Terbaik dan Terkeren di Kalimantan Selatan. saya akan mencoba membantu kalian para pengunjung blog ini menemukan tempat wisata yang cocok dikunjungi di tahun 2019 sampai 2020 ini.

seperti yang kita semua ketahui bahwa Kalimantan merupakan sebuah pulau yang sangat kaya sekali akan kekayaan alamnya dan keberagaman hayatinya, kalimantan memiliki potensi yang sangat besar dalam menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, hanya saja kurangnya perhatian dari pemerintah dan minimnya kesadaran masyarakat sehingga pontensi wisata dikalimantan tidak bisa dikembangkan secara maksimal.

alamnya yang sangat kaya, memiliki perbukitan hijau bak negri teletubis, air terjun yang eksotis hingga hutan dengan ciri khas pohon-pohon liar yang merambat tumbuh subur dipulau ini, selain itu kalimantan selatan juga memiliki pantai yang tidak kalah bagusnya dengan yang ada diluar, namun hanya saja banyak yang belum dikelola dengan baik sehingga tidak mengeluarkan daya tarik yang maksimal.

oke langsung saja agar tidak terlalu panjang dan melebar pembahasannya berikut Daftar Lokasi Wisata Terbaik Kalimantan Selatan 2019.




Bukit

yang pertama kita mulai dulu dari bukit, sama halnya dengan Provinsi - Provinsi lain yang ada di Indonesia, Kalimantan Selatan juga mempunyai banyak sekali bukit yang tidak kalah bagus dengan tempat lain, namun pada kesempatan kali ini cukup kita bahas 5 bukit saja, berikut Daftar Bukit Terkeren di Kalsel yang sering dikunjungi versi Margasaripedia :

1. Taman Hutan Raya Mandiangin ( Tahura )
Taman Hutan Raya atau yang akrab disebut Tahura Mandiangin merupakan salah satu wisata bukit yang paling banyak dikunjungi di Kalimantan Selatan, selain lokasinya yang terbilang dekat dengan kota besar seperti Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura pemandangannya yang sangat menakjubkan dengan deretan pegungan dan waduk riam kanan dikejauhan lah yang membuat bukit ini menjadi tempat wajib dikunjungi bagi remaja Kalimantan Selatan.

sunrise di puncak tahura mandiangin
Sunrise di Puncak Tahura Mandiangin
berjarak 52 km dari pusat kota Banjarmasin memakan waktu kurang lebih hanya 1 jam 20 menit untuk sampai ke lokasi, selain itu akses kesini pun terbilang sangatlah mudah, karena sudah bisa naik menggunakan motor ataupun mobil sampai keatas, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki 5-10 menit menuju puncak.

berlokasi di Desa Mandiangin Barat, Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. bukit ini selalu ramai di serbu para penikmat alam di malam sabtu dan malam minggu, jadi buat kalian yang mau camping pastikan pilih waktu yang tepat dikarenakan saat malam minggu puncak tahura seperti pasar yang sangat ramai, bahkan untuk mencari lokasi mendirikan tendapun sangatlah sulit hingga harus turun dari puncak untuk mendirikan tenda.

jika kalian beruntung dan datang diwaktu yang tepat kalian akan bisa menyaksikan lautan awan dari puncak tahura. selain puncaknya ada juga beberapa tempat yang bagus dikunjungi saat datang kesini seperti Air Terjun, Kolam Belanda, Benteng bekas peninggalan Belanda, dll.

untuk biaya masuk ke daerah ini cukup membayar Rp. 5000 - 15.000 tergantung waktu, Setiap hari selama 24 jam.


2. Bukit Matang Kaladan
Bukit Matang Kaladan atau biasa disebut penduduk sekitar dengan nama lawangan merupakan tempat yang sudah cukup lama dijadikan para penggiat alam, organisasi, dll untuk lokasi Camping ataupun hanya sekedar berkunjung dan foto-foto.

memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 500 mdpl, Bukit Matang Kaladan sangatlah rekomended buat kalian yang ingin mencari lokasi spot foto yang kekinian dikarenakan ada banyak lokasi/spot untuk berfoto yang dibuat dan dikelola oleh warga setempat.

dengan view perbukitan dan waduk riam kanan yang ditengahnya banyak dijumpai pulau-pulau kecil membuat kalian yang berkunjung kesini akan teringat dengan tempat wisata terkenal dari timur Indonesia yaitu, Raja Ampat.

Mentari Bukit Matang kaladan Riam Kanan Banjarmasin
Bukit Matang Kaladan - Foto via Instagram

Berlokasi di Desa Tiwingan Lama, Aranio, Kabupaten Banjar. medan yang ditempuh untuk sampai kepuncak bukit lumayan mudah, dan akses jalan kesini sudah bisa disebut terbilang nyaman karena jalan yang dilalui sudah beraspal mulus.

berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banjarmasin dan dapat ditempuh hanya dengan 1 jam 30 menit menggunakan kendaraan roda dua. harga masuk kesini, cukup membayar 5.000 rupiah/motor untuk biaya parkir dan 10.000 rupiah bagi yang bermalam.


3. Bukit Telang
Bukit yang menjadi primadona bagi pecinta alam selanjutnya ialah Bukit Telang yang berlokasi sebelum Kota Pelaihari tepatnya di Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Bukit Telang Pelaihari Tanah Laut
Bukit Telang - Pelaihari Tanah Laut
jika kalian pernah bermimpi ingin menjumpai negri yang hijau bagai karpet, maka mungkin Bukit Telang lah jawabannya. lokasi ini sangatlah cocok dijadikan untuk tempat camping ataupun hanya sekedar menikmati suasana alam dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, kalian dapat menikmati sunset dan sunrise di bukit ini.

namun akses jalan kesini terbilang lumayan susah dikarenakan jalannya yang belum beraspal, untuk menuju lokasi kita harus melalui jalan perkebunan sawit berbatu yang apabila disiang hari sangatlah berdebu dan untuk sekarang karena tidak ada petunjuk jalan/plang yang memudahkan menuju kesini. maka mintalah bantuan penduduk sekitar ataupun Komunitas Pecinta alam untuk membantu kalian.

sekedar informasi lokasi Bukit Telang berdekatan dengan Lokasi Bukit Lintang, untuk biaya masuk kesinipun cukup membayar retribusi parkir Rp. 5000 rupiah.

Untuk info tentang Bukit Telang sudah saya tulis di Pesona Bukit Telang Tambang Ulang Tanah Laut


4. Bukit Langara ( Loksado )
langara ialah bukit batu yang berada didesa Lumpangi Kecamatan Lokasado, Hulu Sungai Selatan.

kalian dapat menikmati keindahan alam loksado dari ketinggian melalui Bukit Langara yang tentunya sangat rugi apabila dilewatkan. Bukit Langara berjarak 24 km dari pusat kota Kandangan ( 39 menit apabila ditempuh dengan kendaraan roda dua ), dan apabila dari Banjarmasin berjarak sekitar 145 km ( 3 jam 30 menit ).

Bukit Langara Loksado
Bukit langara - Foto via Zahra
untuk menuju puncak lumayan mudah yaitu hanya memerlukan waktu treking 30-50 menit ( sesuai kondisi fisik dan kemampuan masing-masing), pastikan kalian membawa air mineral dan cemilan / makanan ringan sebagai sumber energi tambahan yang dapat dibawa dari rumah atau membeli langsung di warung sekitar lokasi bukit.

pertama kalian akan melalui perkebunan milik warga lokal, melalui jalan setapak yang cukup curam, baru kalian akan menjumpai karst / medan berbatu yang terjal dan cukup tajam sehingga harus ekstra hati-hati dalam memilih langkah.

sesampainya dipuncak kalian akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. dengan view bukit kentawan dan sungai amandit dibawahnya, ditambah pohon-pohon mati yang mengering disepanjang jalur pendakian menambah daya eksotisme bukit yang satu ini.

untuk tiket masuk tidak dipungut biaya, cukup membayar retribusi parkir Rp. 5000 rupiah bagi kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

5. Bukit Sapu Angin
Sapuangin ( Sapu Angin ) ialah salah satu nama bukit yang belakangan ini cukup banyak dikunjungi oleh para penggiat alam. hawanya yang sejuk dengan view padang ilalang yang luas bagai padang savana dan perbukitan disekitarnya membuat suasana disini sangatlah nyaman.

namun sebelum menemui padang savana yang luas kalian terlebih dahulu harus melalukan treking melalui padang hutan dan pohon getah ( kebun karet ) milik warga disepanjang jalur pendakian

Bukit Sapu Angin Kalsel
Bukit Sapu Angin - Foto via Instagram

angin yang berhembus sangat kencang dikarenakan tidak ada pepohonan yang tumbuh selain padang rumput membuat suasana menajdi sangat sejuk dan kalian seakan disapu oleh angin, benar saja namanya memang Bukit Sapu Angin.

berjarak sekitar 172 km dari Banjarmasin yang dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 45 menit sampai 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

bukit ini terletak di desa Bumi Asih, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. tentunya bukit yang satu ini cocok untuk dimasukkan dalam daftar lokasi camping mu.

Selain daftar diatas tentunya masih banyak sekali bukit yang belum saya sebutkan yang tentunya tidak kalah keren dan bagus. nantinya akan saya bahas terpisah pada postingan selanjutnya.


Daftar Bukit di Kalimantan Selatan :
  • Tahura Mandiangin
  • Matang Kaladan
  • Bukit Telang
  • Bukit Langara
  • Bukit Lintang
  • Bukit Tabuan
  • Bukit Patrabulu
  • Bukit Halinjuangan
  • Bukit Mawangi
  • Bukit Mawar
  • Bukit Lebak Naga
  • Bukit Katunun
  • Bukit Palawangan
  • Bukit Pamaton
  • Bukit Sapu angin
  • Bukit Teletubies
  • Bukit Rimpi
  • Bukit Batu Bini
  • Batu Laki
  • Bukit Batu
  • Bukit Batas
  • Bukit Sawar
  • Bukit Tamiyang
  • Bukit Samut
  • Bukit Pahiyangan
  • Bukit Magaringsai
  • Bukit Titi
  • Bukit Jambu


Gua / Goa Kalsel

jika dulu Goa identik dengan tempat yang angker, tempat bertapa, tempat tinggal makhluk purba dan sebagainya maka kesampingkan dulu pemikiran seperti itu. karena sangat sayang jika Daftar Goa Terkeren dan Terbaik 2019 ini untuk dilewatkan.

6. Goa Batu Hapu
Berlokasi di Binuang Kabupaten Tapin, Goa Batu Hapu cukup menarik wisatawan lokal maunpun nonlokal. goa karst yang dihiasi stalagmit dan stalaktit pada dasar dan langit goa dan cahaya matahari yang sedikit mengintip melalui lobang dilangit goa membuat siapun yang pernah masuk ke goa ini terkesan dan terkagum kagum akan keindahannya.

Gua Batu Hapu Binuang Tapin Kalsel
Gua Batu Hapu Binuang - Foto via Instagram

berjarak sekitar 43 km dan 154 km dari kota Banjarmasin, obyek wisata ini terletak di desa Batu Hapu, kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, kalimantan Selatan

kelebihan goa ini ialah lokasinya yang mudah dijangkau dan aksesnya pun terbilang mudah, kalian cukup membayar Rp. 2500 rupiah untuk sekali masuk ke goa ini, dan sudah bisa menikmatinya sampai puas.


7. Goa Liang Tapah
setelah Kabupaten Tapin, kita lanjut ke Goa Liang Tapah yang berada di Kabupaten Tabalong, secara istilah Liang Tapah artinya adalah Lobang atau Sarang dari Tapah ( nama Ikan di Kalimantan ), namun kalian tidak perlu takut dan khawatir karena di Goa ini sama sekali tidak ada ikan Tapahnya.

untuk menuju ke gua ini kalian akan disuguhkan pemandangan sawah warga yang sangat indah dengan view perbukitan dibelakang.

Gua Liang Tapah Jaro Tabalong
Gua Liang Tapah - Foto via Instagram

dengan air yang sejuk dan jernih kalian bisa berenang di dalam Goa ini, dan untuk mengunjungi Lokasi ini tidaklah dipatok biaya, cukup bayar retribusi secara sukarela untuk parkir motor.

Goa ini berlokasi di desa Garagata, kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. gua liang tapah beejarak kurang lebih 3 kilometer dari jalan utama Jl. trans kalimantan tanjung-kuaru.


8. Goa Limbuhang Haliau
gua limbuhang haliau belakangan ini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi anak anak muda, semua itu tak lain adalah karena sebagian orang yang berkunjung kesini membagikan foto hits mereka di Instagram hingga membuat destinasi wisata ini menjadi viral.

Gua Limbuhang desa Haliau HST
Gua Limbuhang Desa Haliau - Foto via Instagram

Gua limbuhang terletak di desa Haliau, kecamatan Batu Benawa, kabupaten Hulu Sungai Tengah. gua ini membentuk danau ditengahnya.

airnya yang berwarna biru hingga kadang kehijauan dan akar dari pohon yang bisa dinaiki menjadi tempat foto terbaik saat berkunjung ke gua ini.

untuk mencapai lokasi wisata ini cukup berkendara sekitar 15 menit dari pusat kota Barabai.

untuk biaya masuk ke gua ini dikenakan Rp. 5000 rupiah, dan parkir Rp. 5000 per motor.


Air Terjun, Danau dan Sungai

setelah capek panas panasan di Bukit dan letihnya mendaki Gunung hingga gelapnya goa, selanjutnya kita beralih membahas Daftar Air Terjun Eksotis yang ada di Kalsel yang tentunya tidak kalah keren untuk dikunjungi :

9. Air Terjun Haratai
jika ditanya Air Terjun mana yang sering dikunjungi di kalimantan Selatan, maka Air Terjun Haratai lah jawabannya. disaat akhir pekan dan hari libur lainnya maka banyak orang yang berkunjung dan berwisata ke tempat ini.

Keindahan air Terjun haratai
Haratai Waterfall - Foto via Instagram

Air Terjun haratai atau Haratai Waterfall terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan. bertingkat tiga dengan ketinggian kurang lebih 20 meter tempat ini sangat cocok dikunjungi disaat musim penghujan, karena selain debit airnya yang besar dan deras kalian juga bisa puas berenang disungainya

fasilitas disinipun sudah memadai, seperti Wc, Gazebo, Warung dan sebagainya.

untuk sampai kesini kalian harus melalui jalan menanjak dan menurun yang sudah beraspal, kemudian saat tiba di desa haratai kalian akan melalui jalan semen kecil berliku liku yang juga menanjak dan menurun yang disalah satu sisinya berupa jurang sehingga harus membuat kalian berkendara dengan ekstra hati-hati.


10. Air Terjun Rampah Menjangan
air terjun rampah menjangan adalah salah satu dari air terjun tertinggi dikalsel, memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang terletak ditengah belantara hutan pegunungan meratus. air terjun rampah menjangan berbentuk lurus yang jatuh dari atas batu berbentuk tebing.

Air Terjun Rampah Menjangan - Foto via Instagram
Lokasi Air Terjun Rampah Menjangan tepatnya berada di kampung loa panggang, desa Lok Lahung, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

untuk mencapai air terjun yang satu ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama 2 jam dengan medan yang dilalui berupa tanjakan, anak sungai namun dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan disekeliling sehingga membuat perjalanan yang jauh menjadi tidak terasa.

jika kalian ingin kesini pastikan kondisi tubuh kalian dalam keadaan fit, dan juga agar tidak tersesat bawalah pemandu jalan bisa menggunakan jasa orang kampung sini atau kenalan kalian yang pernah kesini. jika kalian tidak ingin ditemani pemandu silahkan baca artikel dari Blog sebelah ini Air Terjun Rampah Menjangan.

11. Air Terjun Mandin Damar
terletak ditengah belantara hutan Kalimantan, Mandin Damar masih jarang sekali diketahui maupun dikunjungi wisatawan, selain tempatnya yang jauh dan aksesnya pun lumayan sulit.

dengan ketinggian yang hanya 9-11 meter namun memiliki lebar hampir duakali lipat dari tingginya dan airnya yang jernih sangat cocok sekali untuk berenang dan menghabiskan waktu disini.

Air Terjun Mandin Damar - Foto via Instagram
mandin damar terletak di Desa Murung Raya, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu. ada lebih dari 1 jalan untuk menuju kesini salah satunya ialah, Dari Banjarmasin menuju Kota Rantau ( Tapin ) - Kandangan ( HSS ) - kemudian menuju desa Lumpangi Kecamatan Loksado, dilanjutkan menuju Jl. Trans Kandangan - Batulicin, baru menuju Desa Murung Raya.


12. Air Terjun Bajuin
Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. banyak pepohonan yang rimbun dan berada dikawasan pegunungan meratus membuat suasana ditempat ini sangatlah sejuk.

Bajuin Waterfall - Foto via Instagram

selain itu kalian juga dapat menikati keindahan alamnya yang sangat kaya, disini terdapat banyak spesies burung, anggrek, bunga bangkai hingga tanaman khas hutan lainnya.

Air Terjun Bajuin berjarak 10 kilometer dari kota Pelaihari, dan 75 kilometer dari Banjarmasin


13. Bambu Rafting Sungai Amandit
ingin merasakan keseruan berarung jeram menaiki bambu atau dalam bahasa lokal disebut Paring, maka datangilah Bambu Rafting dikawasan Loksado ini yang pastinya akan mampu memompa adrenalin kalian.

jika pada umumnya arung jerang menggunakan peraku karet, maka berbeda dengan yang ada di lokasado. kalian akan merasakan sensari berarung jeram menggunakan Paring atau Bambu yang disusun menjadi sebuah rakit.

Bamboo Rafting Loksado Kalsel
Bamboo Rafting Loksado - Foto via Instagram

suku Dayak Meratus biasanya menggunakan rakit ini untuk sarana transportasi maupun penyeberangan dikarenakan diderah ini jarang ditemui yang namanya jembatan.


14. Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin
kota Banjarmasin sangat identik dengan dengan Kota Sungai, jika umumnya pasar berada didarat maka berbeda dengan kota ini, salah satu pasar tradisional yang paling terkenal di banjarmasin ialah Pasar Terapung. Terapung artinya memang pasar ini berada diatas air, karena memang jika dilihat secara geografis Banjarmasin dilalui banyak sekali anak sungai, maka tidak heran banyak aktivitas masyarakat dari dulu hingga sekarang dilakukan dibantaran sungai.

salah satu wisata yang memang sudah menjadi tradisi selama beberapa abad dan sudah menjadi ciri dari kota Seribu Sungai Banjarmasin ialah Pasar Terapungnya.

Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin
Pasar Terapung - Foto via Instagram
pasar ini sangatlah unik karena semua transaksi dilakukan diatas Jukung ( sampan kecil ) dan bahkan ada yang masih menggunakan transaksi secara tradisional yaitu barter satu barang dengan barang lainnya.

Pasar Terapung berlokasi di Sungai Martapura, Desa Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. biasanya pasar ini dimulai dari pukul 04.00 - 09.00 ( menjelang siang ).

selain di lok baintan, Pasar terapung juga terdapat disejumlah tempat lain, misalnya Pasar Terapung Muara Kuin yang berada jl. kuin utara, Kelurahan Kuin Selatan, Banjarmasin Barat.


15. Waduk Riam Kanan
Bicara soal waduk tentunya sudah tidak asing lagi bagi penduduk sekitar dan warga Kalimantan Selatan dengan yang namanya Waduk Riam Kanan.

waduk riam kanan dari bukit batas
Waduk Riam Kanan - Foto via Instagram
berlokasi di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Waduk Riam Kanan memiliki panorama alam yang sangat asri, dengan deretan pegunungan dan perbukitan yang sangat indah mengelilingi waduk dan adapula yang ditengah waduk, salah satunya ialah Bukit Tabuan/Pesepakan, Selain waduknya hutannya yang masih rimbun menambah daya pikat tempat ini untuk segera dikunjungi.

Biaya untuk masuk kesini tidak ada alias gratis, cukup kalian bayar Parkir yang dikelola warga sekitar maka kalian sudah bisa puas menikmati desa ini.


16. Jembatan Gantung Desa Nateh
Sebenarnya ini merupakan jembatan namun jembatan ini tidak bisa dipisahkan dengan Sungai yang ada dibawahnya tentunya jembatan ini tidak dapat dilewatkan untuk berburu foto keren dengan view tebing atau bukit batu serta sungai Desa Nateh dibawahnya.
mandian di sungai desa nateh
Sungai Desa Nateh
Desa Nateh terletak di Kecamatan Batang Alai Timur, Hulu Sungai Tengah, biaya masuknya pun ramah dikantong yaitu hanya bayar parkir Rp. 5000 di tempat Wisata Arung Jeram Nateh, kalian tinggal jalan - jalan karena lokasinya saling berdekatan.

untuk informasi lengkap mengenai akses jalan / lokasi wisata nateh baca artikel saya Perjalanan ke Desa Nateh Barabai HST


17. Danau Biru
istilah danau biru biasanya sering dipakai untuk menyebut daerah eks tambang yang bekas galiannya tidak dikembalikan, sehingga lobang bekas galian terisi oleh air hujan dan menjadi danau.

yang menjadi daya tarik bukanlah bekas tambangnya, melainkan warna air yang menggenangi danau yang berwarna biru hingga kehijauan.

Danau Biru Cempaka Banjarbaru
Danau Biru Cempaka Banjarbaru
dikalimantan sendiri cukup banyak memiliki danau eks tambang dengan warna air yang berbeda ditiap tempatnya, sehingga memiliki keunikannya masing-masing.

  1. Danau Biru Pengaron : terletak di Kabupaten Banjar tepatnya di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron. dengan keindahan berupa air yang berwarna biru dan tebing-tebing batu bekas kerukan tambang.
  2. Danau Biru Binuang : selain di Kabupaten Banjar danau biru juga terdapat di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. danau ini juga sangatlah bagus dijadikan spot foto bahkan juga cocok untuk tempat prawedding.
  3. Danau Biru Desa Tiung  : Terletak didesa Tiung, Cempaka, Banjarbaru


Pantai

Kalimantan Selatan memiliki garis pantai yang terbilang cukup panjang, walaupun tak seterkenal dan tak sekeren Bali dan daerah lainnya di Indonesia namun Daftar Pantai Terbaik di Kalimantan Selatan ini cocok masuk daftar tujuan liburan kalian,  selain ramah untuk dikunjungi pantai juga merupakan tempat yang cocok untuk segala usia, mulai dari anak-anak, dewasa hingga tua. berikut daftar yang sudah kami pilihkan untuk anda.


18. Samber Gelap
jangan terkecoh oleh namanya karena tempat ini jauh sekali akan kesan horror, Pulau Samber Gelap adalah pulau tropis yang berada di Kecamatan Sebuku, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

samber gelap kotabaru kalsel
Samber Gelap Kotabaru - Foto via Instagram
Pantai pasir putih dengan panorama yang indah ditambah airnya yang biru jernih membuat siapapun yang berkunjung kesini betah berlama lama dan menghabiskan waaktu. Snorkeling dan Diving ialah kegiatan yang cocok sekali dilakukan dipulau ini.

untuk kepulau ini kalian harus menyewa Speedboard dari pelabuhan Samudera, Batulicin. memakan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke Pulau Samber Gelap.


19. Pantai Birah Birahan

Pulau Birah Birahan Kalsel
Pulau Birah Birahan - Foto via Instagram
sama berada di Kabupaten Kotabaru, pulau eksotis yang satu ini juga jangan lupa dimasukkan ke dalam daftar tujuan wisata kalian apabila berkunjung ke Kalimantan Selatan.

dengan kondisi airnya yang jernih dan terumbu karangnya yang cantik tentunya cocok sekali melakukan Snorkeling dan Diving saat berlibur kepulau ini.


20. Pantai Angsana


pantai angsana kalsel
Pantai Angsana
Pantai Angsana berada di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Pantai ini sekarang cukup ramai dikunjungi wisatawan, selain pantai dan pasirnya yang indah akses kesinipun tidak terlalu sulit.


21. Pantai Asmara ( Muara Asam - Asam )
Jika kalian tidak mempunyai ongkos yang cukup untuk mengunjungi dua pantai dari kotabaru diatas, maka sambangilah Pantai Asmara .

Pantai ini terletak di desa Muara Asam-Asam, kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. istilah Asmara sendiri berasal dari Asam Asam Muara. kondisi pantainya cukup bersih dengan pasir yang berwarna putih tentunya dapat membuat liburan kalian menyenangkan.

Pantai Asmara Kalimantan Selatan
Pantai Asmara - Foto via Instagram
ombaknya cukup tenang sehingga kalian tidak takut berenang sepuasnya, selai itu disini juga ada dermaga yang sangat bagus apabila digunakan untuk spot foto. kalian cukup membayar Rp. 10.000 rupiah per orang untuk masuk atau camping ke pantai ini.

disekitar pantaipun cukup banyak warung jika kalian tidak membawa bahan makanan, cukup membeli dengan harga yang masih terjangkau.


Taman

Buat kalian yang tidak terlalu suka dengan perjalanan yang jauh dan melelahkan, atau hanya sekedar mencari tempat untuk rileksasi akibat rutinitas harian yang melelahkan maka Berkunjung ke taman adalah pilihan yang tepat, berikut Daftar Taman di Kalimantan Selatan yang bisa kalian kunjungi.


22. Taman Labirin Pelaihari
buat kalian yang pernah nonton film dengan konsep labirin  pastinya pernah terfikir ingin merasakan sensasi berada disana.

tidak perlu jauh jauh di kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut ada sebuah taman yang dibuat dengan konsep seperti yang saya sebutkan diatas. Taman Labirin berlokasi di kantor BP3T kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.

Taman Labirin Pelaihari
Taman Labirin Pelaihari - Foto via Instagram
selain berkeliling kalian juga bisa menjumpai beberapa spot foto yang pastinya akan menambah daftar koleksi foto kerenmu.

untuk harga tiketnya cuma Rp.3000 rupiah, buka dari pukul 08.00 - 17.00 setiap hari.


23. Hutan Pinus Mentaos
terletak di Kota Banjarbaru, Hutan Pinus mentaos menjadi destinasi wisata keluarga yang sangat cocok untuk dikunjungi diakhir pekan.

berlokasi di Jl. Suriansyah Ujung, Mentaos, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.


24. Rumah Pohon Cempaka
sama dengan Hutan Pinus Mentaos, Rumah Pohon juga terletak di Kota Banjarbaru. wisata Outbound ini menyediakan sejumlah wahana yang asyik seperti rumah pohon dan lain-lain. tempatnya yang adem membuat lokasi ini menjadi buruan para remaja menghabiskan waktu hingga berswafoto

35. Pulau Kembang
Pulau Kembang ialah sebuah pulau kecil yang berada ditengah sungai barito, pulau ini dihuni dan sudah menjadi habitat dari ratusan monyet.

monyet-monyet disini pun sudah akrab beriteraksi dengan manusia, sehingga apabila kalian mengunjungi pulau ini pastikan barang-barang berharga kalian simpan, karena monyet disini sangat nakal dan bisa merebut atau mengambil barang yang kalian bawa.


26. Wisata Pulau Bakut
Pulau Bakut ialah sebuah pulau kecil ditengah sungai Barito yang berada tepat dibawah Jembatan Barito. Wisata Pulau ini tergolong baru dikelola, luas pulau ini diperkirakan sekitar 18 sampai 20 hektar, dengan banyak sekali ditumbuhi pepohonan.

harga tiket kepulau ini pun sangatlah murah yaitu cukup membayar Rp. 10.000 rupiah untuk menyebrang menggunakan kelotok.


27. Menara Pandang, Taman Siring dan Taman 0 KM Banjarmasin
menikmati malam dipinggiran sungai martapura adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, jika berkunjung ke Kota Banjarmasin pastikan kalian untuk sesekali datang kesini.

siring kota baanjarmasin saat malam hari
Siring Kota Banjarmasin - view Menara Pandang
selain tempatnya yang nyaman, Siring Kota Banjarmasin juga dijadikan tempat oleh anak-anak muda Banjarmasin untuk menghabiskan waktu sekedar bercanda gurau dengan teman-teman maupun pasangannya. ditengah taman terdapat maskot kota Banjarmasin yaitu Patung Bekantan yang berukuran cukup besar dan bagus digunakan untuk berfoto.

apabila malam minggu ataupun hari libur ditaman ini biasanya kalian bisa menjumpai atraksi dan hiburan, salah satunya ialah kai Api. disebut kai Api memang dikarenakan beliau selalu beratraksi dengan memainkan api.

selain kai api kalian juga bisa menyusuri sungai martapura dengan membeli tiket wisata susur sungai, cukup membayar Rp. 5000 rupiah.


diluar dari daftar yang saya sebutkan tentunya masih banyak sekali wisata di kalsel yang tidak kalah keren dan menarik, namun dikarenakan keterbatasan waktu maka akan saya bahas di artikel yang lain.

jadi, Demikian tadi daftar 27 Tempat Wisata Terbaik Kalimantan Selatan yang patut masuk daftar tujuan liburan kalian. Daftar diatas bisa berubah sewaktu waktu dan akan diupdate secara berkala.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Bajakah Sebagai Obat Kanker

mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan. ingat setelah berkunjung ke suatu tempat, bawa kembali barang barang kalian termasuk sampahnya, mari kita jaga bersama alam dan lingkungan. terimakasih

Post a Comment

1 Comments

Ilmi said…
Mntap bos😁