iklan header

Lokasi Bukit Pahiyangan, Air Terjun Sungai Karuh dan Air Terjun Minanga

Lokasi Bukit Pahiyangan dan Air Terjun Sungai Karuh - Kalimantan Selatan adalah salah satu tempat yang sangat kaya akan kekayaan alam, serta keanekaragaman hayatinya. julukan Pulau Kalimantan sebagai paru paru dunia bukanlah omong kosong belaka, melainkan memang kalimantan selatan masih banyak memiliki pepohonan liar yang rimbun serta satwa satwa yang bisa hidup dengan bebas yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, salah satu tempat atau bukit yang berada ditengah belantara kalimantan ialah Puncak Pahiyangan, Air Terjun Sungai Karuh dan Air Terjun Minanga.
ketiga lokasi ini sama sama terletak di Desa Rantau Balai, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

puncak pahiyangan
Hutan Kalimantan dari Puncak Pahiyangan

Akses Jalan

akses jalan ke desa ini terbilang lumayan sulit, yaitu harus melewati jalan berbatu yang penuh debu, kemudian jika ingin ke Puncak Pahiyangan maka harus melewati sungai, bisa gunakan jasa warga lokal untuk mengantarkan kalian sekaligus sebagai guide karna jalan yang ditempuh lumayan sulit dan kalian akan rawan tersesat jika tanpa guide. ditambah jalur menuju puncak berupa jalan setapak dengan kemiringan 45 derajat yang sisinya berupa jurang.dan juga ditumbuhi pepohonan liar rimbun khas kalimantan, ditambah suara suara burung serta primata yang akan menyambut kalian
Bukit Pahiyangan, Rantau Balai
Menyebrang Sungai
jika ingin ke air terjun sungai karuh dan air terjun minanga bawalah guide atau orang yang pernah kesana, pastikan juga kalian kesana saat musim penghujan dimana debit air akan besar dan air terjun akan bagus.

pastikan juga jangan sampai terpisah dengan rombongan, karena disini sama sekali tidak ada sinyal telepon

Rute Menuju Lokasi

Menuju Rantau Balai
  • start dari Banjarmasin menuju Banjarbaru, ambil lurus menuju Desa Mandiangin - ada pertigaan ambil kanan menuju tahura, riam kanan ( jika kiri ke danau tamiyang ).
  • ambil patokan Indomaret mandiangin ( 30 menitan dari Bjb ) - ada pertigaan, ambil kiri ke arah Riam kanan, matang kaladan, Bukit patrabulu ( jika kanan menuju tahura ).
  • sedikit setelah simpang 3 tadi ada jalan sebelah kiri ( sebelum bukit patrabulu ), lurus sampai ketemu petunjuk jalan ( Desa Bunglai, Rantau Bujur, Rantau Balai ) - ambil kanan ke arah jembatan
  • ambil lurus sampai jalannya berbatu dan apabila siang hari sangatlah berdebu kurang lebih 1 jam 30 menit menuju Gerbang Desa Rantau Balai
Desa Rantau Balai, Aranio, Kab Banjar
Desa Rantau Balai
  • masuk desa dan sampai rumah warga
Menuju Bukit Pahiyangan
  • setelah izin dengan warga sekitar, jangan lupa berdoa dulu, jalan menuju sungai ( dibelakang rumah warga )
  • menyebrang pakai lanting bambu, gunakan jasa warga sekitar
  • trekking kurang lebih 1 jam 40 menitan sampai puncak ( tergantung kondisi )
Menuju Air Terjun Sungai Karuh dan Air Terjun Minanga
Air Terjun Sungai Karuh

• turun dari puncak sampai daerah yang lumayan landai. ada pertigaan ambil kiri ( jika datang dari puncak ), sebelah kanan jika datang dari arah desa.
  • ikuti jalan setapak sampai terdengar suara air mengalir
  • jika kurang yakin gunakan guide warga lokal, atau orang yang pernah kesana.
  • menuju air terjun minanga kembali ketitik petigaan menuju air terjun sungai karuh, turun kearah desa ada pertigaan ambil kanan ( jika datang dari puncak ), kiri jika datang dari desa. ikuti jalan setapak - sampai.
demikian tadi rute / lokasi menuju Bukit Pahiyangan, lokasi menuju Air Terjun Sungai Karuh, lokasi menuju Air Terjun Minanga. mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan.

Baca Penggalaman saya ke Puncak Pahiyangan Pedalaman Riam Kanan, pesona Puncak Pahiyangan