iklan header

Pohon Bajakah Di Hutan Kalimantan Apakah Tetap Lestari

pohon bajakah mendadak populer dan menjadi perbincangan publik setelah tiga siswa dari sekolah menengah atas 2 Palangkaraya yang meraih Gold Medals di Korea Selatan dalam ajang World Invention Creativity.

siswa SMAN 2 Palangkaraya tersebut memilih khasiat pohon bajakah sebagai topik karya ilmiah yang dilombakan di Seoul, Korea Selatan pada bulan Juli lalu.

pohon bajakah sendiri sudah tidak asing bagi masyarakat suku dayak untuk digunakan sebagai obat tradisional, tanaman bajakah tersebut tumbuh dan dapat ditemukan di lahan gambut yang hanya terdapat di pedalaman hutan kalimantan.

pohon bajakah kalimantan
Pohon Bajakah di Hutan Kalimantan

dari segi bentuk tak ada yang spesial dari tanaman ini, sekilas mirip dengan tumbuhan lainnya yang tumbuh di pedalaman hutan kalimantan. pohon bajakah sebenarnya tidak berbentuk pohon, namun hanya sebuah tanaman berbentuk batang yang kuat dan cukup besar bersulur yang tumbuh hingga tinggi kurang lebih lima meter.

pohon bajakah tumbuh merambat dengan cara melilit pohon lain yang dililitnya, akar tanaman ini menghujam didasar aliran air lahan gambut.biasanya pohon bajakah hidup di pedalaman hutan yang rimbun hingga jarang terkena sinar matahari secara langsung.

pohon bajakah sendiri diketahui mengandung senyawa penyembuh kanker seperti Streroid, Tannin, Alkonoid, Sapoin, Terpenoid, Fenolik. zat tersebut diketahui mampu menyembuhkan kanker setelah di uji coba di Laboratorium Unlam Banjarmasin.

dari beberappa sumber yang saya baca Penelitian pohon bajakah sempat diuji dengan menggunakan dua ekor tikus putih yang sudah disuntikkan atau di infeksi dengan zat kanker/tumor.kemudian setelah tikus putih diberikan air rebusan yang berasal dari pohon bajakah sel kanker yang semula ada mendadak berhenti berkembang, mengecil dan hilang pada pekan selanjutnya.

- Cara Pengolahan Tanaman Bajakah Sebagai Obat Kanker

untuk pengolahan tanaman bajakah sebagai obat kanker tergolong mudah, yaitu dengan cara mengeringkan tanaman tersebut dibawah sinar matahari yang kemudian apabila sudah kering pohon bajakah ditumbuk hingga halus. untuk 1 gram tanaman bajakah harus direbus kurang lebih 30 menit dan diminum tiap hari.

- Dampak Penemuan Khasiat Pohon / Tanaman Bajakah

selain berdampak positif yang tentunya kabar baik bagi penderita kanker namun juga viralnya tanaman bajakah apakah berdampak buruk kedepannya?

jika pohon bajakah memang bisa menjadi obat untuk menyembuhkan kanker namun dibalik semua itu pasti ada sisi negatifnya, yaitu orang akan berlomba lomba mencari pohon ini dan pastinya akan mengekploitasi tanaman ini habis habisan. terbukti dengan banyaknya orang yang mengetikkan kata kunci di google dengan keyword " Pohon Bajakah Kalimantan ", " Lokasi Tanaman Bajakah " dan sebagainya.

selain itu juga pasti akan banyak orang yang akan menjarah hutan kalimantan hanya demi berburu pohon bajakah yang dipercaya mampu menyembuhkan sel kanker secara total. demi manjaga lestarinya hutan kalimantan tentu perlu penanganan khusus siapa saja yang berhak dalam mengambil maupun memperjual belikan tanaman tersebut.

karna bisa saja tanaman tersebut dibabat habis oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dijual lagi dengan harga yang tinggi, sehingga sesorang yang benar-banar sakit dan sangat memerlukan tanaman tersebut tidak bisa mendapatkannya. bahkan untuk kalangan masyarakat kalimantan sendiri.

semoga kedepannya tanaman ini tetap lestari dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat kalimantan, Indonesia maupun masyarakat luar yang membutuhkan khasiat tanaman tersebut.

Post a Comment

0 Comments